Nama
Sekolah : SMA SWASTA TAMAN SISWA
Kelas
/ Semester : X / I
Mata
Pelajaran : Sejarah
Topik : Menelusuri
Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia
Sub
Topik : Terbentuknya Kepulauan Indonesia
Pertemuan
ke- : 2
Alokasi
Waktu : 2 X 45 ‘
A. KOMPETENSI
INTI
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan duniaMenunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap
berbagai hasil budaya pada masa praaksara, Hindu-Buddha dan Islam.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI
DASAR
2.1
Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada
masa praaksara, Hindu-Buddha dan Islam.
3.1
Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik), sinkronik,
ruang dan waktu dalam sejarah.
4.1
Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis
(diakronik ) , sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1. Peserta didik dapat menganalisis
proses alam terjadinya Kepulauan Indonesia
2. peserta didik dapat membuat pembabakan waktu zaman praaksara secara
geologis
3. Peserta didik dapat menjelaskan
manfaat letak geologis dan geografis Indonesia di persilangan dunia
4. Peserta didik dapat menjelaskan
potensi
kekayaan alam kepulauan Indonesia
5. Peserta didik dapat menerapkan cara
menjaga kelestarian lingkunganalam
6. Peserta didik dapat menjelaskan cara
menghindari/mengahadapi bencana alam
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1) Melalui tayangan film/animasi, gambar-gambar
dan membaca literatur siswa dapat menjelaskan proses terjadinya kepulauan
Indonesia;
2) Dengan mengamati bagan dan tampilan time line
siswa dapat menganalisis pembabakan
waktu zaman praaksara.
3) Melalui diskusi kelas siswa mampu menjelaskan
letak dan kondisi geologis kepulauan Indonesia
4) Melalui diskusi kelas siswa mampu menerapkan
cara menjaga kelestarian alam
5) Dengan mengamati data-data statistik dan
gambar-gambar siswa mampu berpartisipasi dalam pelestarian kekayaan alam di
kepulauan Indonesia, dan
6) Melalui tayangan film/animasi, gambar-gambar
dan membaca literatur,
peserta didik dapat menjelaskan cara mengahadapi bencana
alam
E.
MATERI AJAR
-
Awal terbentuknya bumi dan kepulauan
Indonesia
-
Proses evolusi terbentuknya bumi
-
Pembabakan geologis zaman praaksara
-
Letak posisi silang kepulauan Indonesia
dan pengaruhnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia
-
Kekayaan alam Indonesia sangat beragam
dan manfaatnya bagi bangsa Indonesia.
F.
PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan
: Scientific
Strategi
: Cooperative jigsaw
Metode
: Ceramah, diskusi kelas, tanya
jawab dan penugasan
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
a.
LKS
b.
Power point
2.
Alat/Bahan:
a.
lapotop
b.
LCD
c.
Peta
d.
Globe
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
· Guru
memberi salam, siswa menjawab salam
· Menanyakan
kesiapa belajar siswa, kebersihan kelas dan
pendukung kelancaran/kenyamanan belajar
· Melakukan
presensi kehadiran siswa
· Mempersilahkan
satu siswa memimpin do’a bersama
· Tanya
jawab materi pertemuan minggu ke-1
· Guru
menyampaikan topik tentang proses terjadinya Kepulauan Indonesia.
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran melalui PPt
· Membagi
kelompok menjadi 4 kelompok
|
15
menit
|
Inti
|
· Peserta
didik berkumpul di kelompok masing-masing
· Menayangkan
gambar/peta/animasi kepulauan
Indonesia dan melakukan tanya jawab singkat mengenai potensi-potensi
kepulauan/alam Indonesia
· Peserta
didik dalam kelompoknya ditugaskan:
kelompok
I mendiskusikan dan membuat rumusan
tentang proses terjadinya Kepulauan
Indonesia
b) kelompok II
mendiskusikan dan membuat rumusan
tentang pembabakan waktu zaman praaksara
c) kelompok
III mendiskusikan dan merumuskan tentang hikmah bagi penduduk yang hidup di
lingkungan geografis dan geologis Kepulauan Indonesia yang kaya akan sumber
daya alam baik di darat maupun laut termasuk flora-faunanya.
d. kelompok IV mendiskusikan dan merumuskan
tentang hikmah bagi penduduk yang hidup di lingkungan geografis dan geologis
Kepulauan Indonesia yang rentan terjadinya gempa, gunung meletus, banjir dan
bencana alam lainnya .
· Guru
memantau aktifitas diskusi dari satu kelompok ke kelompok lainya dan
menengahi pertanyaan yang mungkin diperdebatkan terlalu sengit oleh kelompok.
· Setelah
kira-kira 35 menit diskusi kelompok diakhiri, guru kemudian meminta peserta
didik mempresentasikan hasil rumusan masing-masing sesuai masalah yang
didiskusikan.
· Pada
saat satu kelompok presentasi, kelompok lain dapat mengajukan pertanyaan,
tanggapan dan sebagainya.
· Atas
pertanyaan tersebut semua anggota kelompok berusaha menjawab dengan baik
namun diperkenankan juga anggota
kelompok lain membantu melengkapi jawaban, memberi masukan dan sebagainya.
|
60
menit
|
Penutup
|
· Klarifikasi
akhir/ kesimpulan tiap kelompok dibantu guru.
· Guru
menanyakan apakah peserta didik sudah memahami materi yang telah
didiskusikan.
· Peserta
didik diberikan pertanyaan lisan secara acak untuk mengukur ketercapaian
tujuan pembelajaran dan mendapatkan umpan balik atas pembelajaran minggu ini.
· Sebagai
refleksi pada bagian akhir pelajaran ini, peserta didik diberikan tugas rumah
untuk merumuskan sikap dan tindakan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa yang telah melimpahkan kekayaan flora dan fauna di Indonesia
|
15
menit
|
H.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
a.
Tes
1.
Uraian
(terlampir)
b.
Non
Tes
1.
Lembar
pengamatan kerja kelompok (terlampir)
2.
Lembar
pengamatan presentasi (terlampir)
I.
SUMBER
BELAJAR dan MEDIA
Sumber Belajar
·
Buku
sumber : Sejarah Indonesia, Restu Gunawan dkk, Kemendikbud 2013
( FILE TERSEDIA/TERLAMPIR 4 )
Media
Pembelajaran :
·
Peta
Dunia
·
Google
Maps
·
Peta
Indonesia; Peta pertambangan, Peta pertanian ,Peta Pelayaran dsb.
·
Foto-foto
: komoditas andalan Indonesia, foto kekayaan budaya, foto korban bencana dsb.
·
Kliping
koran/majalah tentang petensi alam, budaya dan berita/laporan bencana alam.
Guuru Mata Pelajaran
1. ..............................
2. ...............................
3. ...............................
4. .........................
Lampiran
1
SOAL
TES URAIAN
1.
“Karena
kuasa dan kasihNya, Tuhan telah menciptakan bumi kita kepulauan Indonesia ini
dengan segala isinya dengan sangat lengkap dan sempurna” Coba berikan tanggapan
Anda terhadap pernyataan tersebut!
2.
Ketika
kalian berdiskusi tentang materi pelajaran ini di dalam kelompokmu, kiranya
nilai-nilai apa saja yang dapat dipetik dan dikembangkan di dalam kehidupan
sehari-hari.
3.
Hikmah apa yang dapat kita peroleh
dengan bertempat tinggal di wilayah yang sering terjadi bencana alam?
4.
Di setiap daerah tentu ada cerita rakyat
ataupun dongeng yang berkaitan dengan gempa bumi maupun gunung meletus, coba
kamu cari dan tuliskan dalam bentuk cerita 3 – 4 halaman, kemudian diskusikan.
5.
Sebutkan potensi kekayaan alam yang
terdapat di daerahmu dan bagaimana
keberadaannya di Indonesia!
6.
Bagaimana menjaga kelestarian alam
disekitar kita ?
KUNCI JAWABAN :
Lampiran
2
LEMBAR
PENGAMATAN
Rubrik Kegiatan Diskusi
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Pengamatan
|
Ʃ
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
||||
aktif
|
kerjasama
|
Meng-hargai
|
toleransi
|
Kreatif
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Keterangan Nilai
A =
80 – 100 : Baik sekali
B =
70 – 79 : Baik
C =
60 – 69 : Cukup
D =
< 60 : Kurang
Keterangan
skor
Masing-masing
kolom Aspek Pengamatan diisi dengan kriteria
4 =
Baik sekali
3 =
Baik
2 =
Cukup
1 =
Kurang
X 100 %
|
Nilai =
Skor
maksimal (20)
Lampiran
3
LEMBAR
PENILAIAN PRESENTASI
Rubrik Penilaian Presentasi
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Pengamatan
|
Nilai
|
Ket.
|
|||||
Komu-nikasi
|
Wa-was-an
|
keberanian
|
Siste-atika
|
antusias
|
Penampilan
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Keterangan Nilai
A =
80 – 100 : Baik sekali
B =
70 – 79 : Baik
C =
60 – 69 : Cukup
D =
< 60 : Kurang
Keterangan skor
Masing-masing kolom Aspek Pengamatan diisi
dengan kriteria
4 =
Baik sekali
3 =
Baik
2 =
Cukup
1 =
Kurang
X 100 %
|
Nilai =
Skor
maksimal (20)
0 Komentar