Satuan Pendidikan :
................................
Mata Pelajaran :
Sejarah.
Kelas / Semester :
X/1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
|
1. Memahami
Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
|
1.1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup
Sejarah
|
· Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal
usul kata dan pandangan para tokoh
|
|
|
|
· Mendeskripsikan sejarah sebagai peristiwa, kisah,
ilmu, dan seni
|
|
|
|||
·
Memberikan
contoh pengertian generalisasi, periodisasi, dan kronologi
|
|
|
|||
· Mendeskripsikan kegunaan sejarah secara intrinsik
· Mendeskripsikan kegunaan sejarah secara ekstrinsik
|
|
|
|||
1.2. Mendeskripsikan Tradisi Sejarah dalam
Masyarakat Indonesia Masa Praaksara dan Masa Aksara
|
·
Mendeskripsikan
cara masyarakat masa prasejarah mewariskan masa lalunya
·
Mengidentifikasi
tradisi masyarakat masa prasejarah
|
|
|
||
· Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam folklore,
mitologi, legenda, upacara, dan nyanyian rakyat dari berbagai daerah di
Indonesia
|
|
|
|||
|
|
· Mengidentifikasi tradisi sejarah masyarakat masa
sejarah dari berbagai daerah di Indonesia
|
|
|
|
· Mengidentifikasi perkembangan penulisan sejarah di
Indonesia
· Memberikan contoh lima unsur tradisi dan sistem
kebudayaan manusia
|
|
|
|||
1.3. Mendeskripsikan
Tradisi Sejarah dalam Masyarakat Indonesia Masa Pra-Aksara dan Masa Aksara
|
·
Mendeskripsikan
langkah-langkah dalam penelitian sejarah
|
|
|
||
·
Mendeskripsikan
sumber , bukti, dan fakta sejarah
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
jenis sejarah ekonomi, politik, sosial, dan kebudayaan
|
|
|
|||
· Mendeskripsikan
prinsip-prinsip dasar dalam penelitian sejarah lisan
|
|
|
|||
·
Mengidentifikasi
peristiwa, peninggalan sejarah, dan monumen peringatan peristiwa bersejarah
|
|
|
|||
Ulangan
harian
|
|
|
|||
Ulangan
tengah semester
|
|
|
|||
Ulangan
akhir semester
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Sejarah
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan :
................................
Mata Pelajaran :
Sejarah.
Kelas / Semester :
X / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
|
2. Menganalisis Peradaban Indonesia dan Dunia
|
2.1. Menganalisis Kehidupan Awal Masyarakat
Indonesia
|
·
Menganalisis
proses munculnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan
Indonesia
|
|
|
|
|
|
·
Menyusun
periodisasi perkembangan budaya masyarakat zaman batu
·
Menyusun
periodisasi perkembangan budaya masyarakat zaman logam
|
|
|
|
|
|
·
Menjelaskan
penemuan jenis-jenis manusia purba
·
Menjelaskan
hasil kebudayaan manusia purba
|
|
|
|
|
|
·
Menjelaskan
perkembangan ciri-ciri kehidupan sosial, budaya, dan ekonomi dari masyarakat
berburu ke masyarakat pertanian
|
|
|
|
|
|
·
Menjelaskan
perkembangan teknologi dan sistem kepercayaan awal
|
|
|
|
|
|
·
Menjelaskan
asal usul dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia
|
|
|
|
|
2.2. Mengidentifikasi Peradaban Awal Masyarakat di
Dunia yang Berpengaruh terhadap Peradaban Indonesia
|
- Mendeskripsikan pengertian peradaban dan proses awal
pembentukan peradaban
- Mendeskripsikan ciri-ciri peradaban awal
|
|
|
|
|
|
· Mendeskripsikan peradaban lembah Sungai Indus dan
Sungai Gangga
|
|
|
|
|
|
· Mendeskripsikan peradaban lembah Sungai Kuning
(Hwang Ho)
Dinasti Shang dan
Yin
Dinasti Chou
Dinasti Chin
Dinasti Han
Dinasti Tang
|
|
|
|
|
|
· Mendeskripsikan peradaban Bac Son Hoa Binh dan Dong
Son
|
|
|
|
|
|
· Menjelaskan pengaruh peradaban India, Cina, dan
Yunan terhadap peradaban Indonesia
|
|
|
|
Ulangan
harian
|
|
|
|||
Ulangan
tengah semester
|
|
|
|||
Ulangan
akhir semester
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Sejarah
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan :
................................
Mata Pelajaran :
Sejarah.
Kelas / Semester :
XI / 1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
|
1.
Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional
|
1.1. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan
Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia
|
-
Mendeskripsikan
lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India
|
|
|
|
-
Mendeskripsikan
teori masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia
|
|
|
|||
-
Menunjukkan
peta jalur masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia (Gambar 1.5 hal 9)
|
|
|
|||
-
Mengidentifikasi
fakta-fakta tentang proses interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan
tradisi Hindu-Buddha
|
|
|
|||
1.2. Menganalisis Perkembangan Kehidupan
Negara-negara Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
|
·
Mendeskripsikan
muncul dan berkembangnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah
a. Kutai
b. Tarumanegara
c. Holing
d. Melayu
e. Sriwijaya
f. Mataram Kuno
g. Medang Kemulan
h. Kediri
i. Singasari
j. Bali
k. Pajajaran
l. Majapahit
|
|
|
||
|
|
·
Menunjukkan
peta wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah
a. Kutai
b. Tarumanegara
c. Holing
d. Melayu
e. Sriwijaya
f. Mataram Kuno
g. Medang Kemulan
h. Kediri
i. Singasari
j. Bali
k. Pajajaran
l. Majapahit
|
|
|
|
|
|
·
Mendeskripsikan
kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan agama kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha
di berbagai daerah
|
|
|
|
|
|
·
Menjelaskan
keberlanjutan tradisi Hindu-Buddha setelah keruntuhan kerajaan-kerajaan
Hindu-Buddha di Indonesia
|
|
|
|
|
1.3. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan
Kebudayaan Islam terhadap Masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia
|
·
Mendeskripsikan
proses lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Islam di Jazirah Arab
|
|
|
|
·
Mendeskripsikan
pendapat para ahli tentang proses awal penyebaran Islam di kepulauan
Indonesia
·
Mengidentifikasi
pada peta mengenai tempat-tempat dan bukti-bukti penyebaran awal Islam di
Indonesia
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
perkembangan Islam di berbagai daerah dari abad ke-15 sampai abad ke-18
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya Islam di Indonesia
|
|
|
|||
1.5. Menganalisis Proses Interaksi antara Tradisi
Lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia
|
·
Mengidentifikasi
perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi sosial
masyarakat di berbagai daerah
·
Mendeskripsikan
proses percampuran kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan
keagamaan masyarakat di berbagai daerah
|
|
|
||
|
|
·
Menganalisis
proses percampuran seni bangunan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di berbagai
wilayah Indonesia
|
|
|
|
|
|
·
Mengidentifikasi
perpaduan tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam institusi sosial
masyarakat di berbagai daerah
·
Mendeskripsikan
proses percampuran kepercayaan lokal, Hindu-Buddha, dan Islam dalam kehidupan
keagamaan masyarakat di berbagai daerah
|
|
|
|
Ulangan
harian
|
|
|
|||
Ulangan
tengah semester
|
|
|
|||
Ulangan
akhir semester
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Sejarah
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan :
................................
Mata Pelajaran :
Sejarah.
Kelas / Semester :
XI / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
|
2. Menganalisis Perkembangan bangsa Indonesia
sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang
|
2.1. Menganalisis Perkembangan Pengaruh Barat dan
Perubahan Ekonomi, Demografi, dan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat di
Indonesia pada masa Kolonial
|
·
Menghubungkan
merkantilisme dan kapitalisme dengan perkembangan kolonialisme dan
imperialisme Barat di Indonesia
|
|
|
|
·
Menunjukkan
peta jalur kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
·
Mendeskripsikan
kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial
|
|
|
|||
·
Menjelaskan
perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan asing
|
|
|
|||
|
2.2. Menganalisis Hubungan antara Perkembangan
Paham-paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan
Kebangsaan
|
·
Menghubungkan
faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi
dengan munculnya ideologi nasionalisme di Asia, Afrika, dan kesadaran
kebangsaan Indonesia
|
|
|
|
|
·
Mendeskripsikan
pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika
a. Filipina
b. Malaysia
c. Vietnam
d. India
e. Mesir
|
|
|
||
·
Menghubungkan
kehidupan kekotaan dengan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia
|
|
|
|||
·
Mengidentifikasi
perkembangan politik kolonial Belanda
·
Mengidentifikasi
latar belakang tumbuh dan berkembangnya nasionalisme di Indonesia
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
proses terbentuknya transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan
Indonesia
|
|
|
|||
|
|
·
Mendeskripsikan
perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia
|
|
|
|
|
·
Mengidentifikasi
beberapa peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras
pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia
|
|
|
||
2.3. Menganalisis Proses Interaksi Indonesia-Jepang
dan Dampak Pendudukan Militer Jepang terhadap Kehidupan Masyarakat di
Indonesia
|
·
Menjelaskan
latar belakang Jepang menguasai Indonesia
|
|
|
||
·
Mendeskripsikan
pemerintahan Jepang di Indonesia pada awal dan akhir masa pendudukan
·
Mendeskripsikan
dampak kebijakan politik, ekonomi, sosial, dan budaya pemerintah pendudukan
Jepang terhadap kehidupan masyarakat di berbagai daerah
|
|
|
|||
3. Menganalisis Sejarah Dunia yang Mempengaruhi
Sejarah Bangsa Indonesia dari Abad ke-18 sampai dengan Abad ke- 20
|
3.1. Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi
Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional
Indonesia
|
· Mendeskripsikan jalannya Revolusi Prancis, Revolusi
Amerika, dan Revolusi Rusia
|
|
|
|
·
Mengidentifikasi
pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap
perkembangan pergerakan nasional Indonesia
|
|
|
|||
3.2. Menganalisis pengaruh Revolusi Industri di
Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia
|
·
Mengidentifikasi
pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan
Politik di Indonesia
|
|
|
||
Ulangan
harian
|
|
|
|||
Ulangan
tengah semester
|
|
|
|||
Ulangan
akhir semester
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Sejarah
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan :
................................
Mata Pelajaran :
Sejarah.
Kelas / Semester :
XII / 1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
|
1. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia
sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
|
1.1. Menganalisis Peristiwa sekitar Proklamasi 17
Agustus 1945 dan Pembentukan Pemerintah Indonesia
|
· Mendeskripsikan upaya mempersiapkan kemerdekaan
Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI
· Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari
Rengasdengklok hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
|
|
|
|
1.2. Menganalisis Perkembangan Ekonomi-Keuangan dan
Politik pada Masa Awal Kemerdekaan sampai Tahun 1950
|
· Menganalisis kebijakan pemerintah Indonesia pada
masa awal kemerdekaan
|
|
|
||
· Menganalisis perkembangan situasi politik dan
kenegaraan Indonesia di awal kemerdekaan
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
konflik Indonesia-Belanda dalam upaya mempertahankan kemerdekaan
|
|
|
|||
·
Menganalisis
perbedaan strategi dan ideologi politik pada masa pemerintahan kabinet
Syahrir, Amir Syarifuddin, dan Hatta dalam menghadapi Belanda
|
|
|
|||
|
|
·
Mendeskripsikan
perjuangan diplomasi Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan
|
|
|
|
1.3. Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia dalam
Mempertahankan Kemerdekaan dari Ancaman Disintegrasi Bangsa
|
·
Mendeskripsikan
gejolak sosial di berbagai daerah pada awal kemerdekaan hingga tahun 1965
|
|
|
||
·
Mendeskripsikan
peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI
·
Mendeskripsikan
dampak sosial politik dari peristiwa Gerakan 30 September 1965/PKI
|
|
|
|||
1.4. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi
serta Perubahan Masyarakat di Indonesia dalam Upaya Mengisi Kemerdekaan
|
·
Mendeskripsikan
kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
·
Mendeskripsikan
kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Parlementer
|
|
|
||
·
Mendeskripsikan
kehidupan politik Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
·
Mendeskripsikan
kehidupan ekonomi Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin
|
|
|
|||
|
|
·
Menganalisis
perubahan sosial dan budaya bangsa Indonesia
|
|
|
|
|
|
·
Mendeskripsikan
kondisi politik, sosial, dan ekonomi Indonesia di awal 1960-an
|
|
|
|
2. Menganalisis Perjuangan sejak Orde Baru
sampai dengan Masa Reformasi.
|
2.1. Menganalisis Perkembangan Pemerintah Orde Baru
|
·
Mendeskripsikan
kronologis lahirnya pemerintahan Orde Baru
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri pokok kebijakan sosial, politik, ekonomi pemerintah Orde Baru
|
|
|
|
|
|
·
Mendeskripsikan
menguatnya peran negara pada masa Orde Baru
·
Mendeskripsikan
dampak menguatnya peran negara pada masa Orde Baru terhadap kehidupan sosial
politik masyarakat
|
|
|
|
|
2.2. Menganalisis Proses Berakhirnya Pemerintah Orde
Baru dan Terjadinya Reformasi
|
·
Mengidentifikasi
faktor penyebab jatuhnya pemerintah Orde Baru
·
Merekonstruksi
jatuhnya pemerintahan Orde Baru secara kronologis
|
|
|
|
|
2.3. Menganalisis Perkembangan Politik dan Ekonomi
serta Perubahan Masyarakat di Indonesia pada Masa Reformasi
|
·
Mendeskripsikan
perkembangan politik setelah 21 Mei 1998
|
|
|
|
|
·
Mendeskripsikan
kondisi sosial dan ekonomi masyarakat pascareformasi
|
|
|
||
Ulangan
harian
|
|
|
|||
Ulangan
tengah semester
|
|
|
|||
Ulangan
akhir semester
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Sejarah
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
Satuan Pendidikan :
................................
Mata Pelajaran :
Sejarah.
Kelas / Semester :
XII / 2
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
|
3. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia sejak
Perang Dunia II sampai dengan Perkembangan Nuklir
|
3.1.
Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia dan Posisi Indonesia di Tengah
Perubahan Politik dan Ekonomi Internasional setelah Perang Dunia II sampai
dengan berakhirnya Perang
Dingin
|
·
Mendeskripsikan
nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika
|
|
|
|
·
Mendeskripsikan
ekonomi dan politik Indonesia pasca-Perang Dunia II
|
|
|
|||
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab terjadinya Perang Dingin
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
tentang Komunisme Cina, Perang Korea, dan Revolusi Kuba
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
Perang Vietnam dan perkembangan politik di kawasan Asia Tenggara
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
perkembangan teknologi persenjataan dan ruang angkasa pada masa Perang Dingin
|
|
|
|||
|
|
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri politik luar negeri Indonesia
·
Membedakan
pelaksanaan politik luar negeri pada masa pemerintahan Orde Lama dengan
pelaksanaan politik luar negeri pada masa Orde Baru
|
|
|
|
|
|
·
Mendeskripsikan
peran aktif Indonesia di dunia internasional
|
|
|
|
|
3.2.
Menganalisis Perkembangan Mutakhir Sejarah Dunia
|
·
Mendeskripsikan
proses berakhirnya Perang Dingin
|
|
|
|
·
Mendeskripsikan
perubahan di dunia pasca-Perang Dingin
|
|
|
|||
·
Mendeskripsikan
proses munculnya Organisasi Gerakan Non-Blok, ASEAN, dan OKI
|
|
|
|||
Ulangan
harian
|
|
|
|||
Ulangan
tengah semester
|
|
|
|||
Ulangan
akhir semester
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Sejarah
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
0 Komentar